Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengqadha Shalat Dhuhur diwaktu Ashar

Cara Mengqadha Shalat Dhuhur diwaktu Ashar

Selamat datang di school-press.com. Qadha Shalat adalah sholat yang kita lakukan untuk menggantikan sholat yang telah kita lewati pada waktu yang seharusnya. Hal ini terjadi karena kita sebagai manusia tidak luput dari kesalahan, kelalaian, atau situasi yang menghalangi kita untuk melaksanakan sholat pada waktunya. 

Dalam hal ini, jika kita tidak bisa menunaikan shalat dhuhur pada waktunya, maka kita harus mengqadha shalat tersebut. Qadha shalat ini wajib dilakukan agar kita tidak terbawa hutang shalat yang harus kita tunaikan di hadapan Allah. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengqadha shalat dhuhur diwaktu ashar dengan lengkap.

Syarat-syarat qadha shalat

Diantaranya adalah:
  1. Mengetahui waktu shalat yang tertinggal Kita harus mengetahui waktu shalat yang tertinggal agar bisa mengqadha shalat tersebut. Kita bisa memeriksa jadwal shalat atau menanyakan kepada ahli agama.
  2. Mengetahui jumlah rakaat shalat Kita juga harus mengetahui jumlah rakaat shalat yang tertinggal. Hal ini penting agar kita bisa menunaikan shalat dengan benar.
  3. Niat untuk mengqadha shalat Kita harus berniat untuk mengqadha shalat dengan tulus dan ikhlas.

Niat Qodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar

niat qadha sholat dzuhur di waktu ashar juga menunjukkan kesungguhan kita sebagai umat muslim dalam menunaikan kewajiban sholat. Meskipun sudah terlewat dari waktunya, namun kita tetap berusaha untuk mengkodokan sholat tersebut sebagai bentuk penegakan agama dan sebagai tanda taat kepada Allah SWT. Berikut ini adalah bacaan niat sholat qodho dhuhur diwaktu ashar

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ قَضَا ءً لِلَّهِ تَعَالَى

Latin:
Ushallii fardhadh dhuhri arba'a raka'aatin mustaqbilal qiblati qodho'an lilaahi ta'aalaa

Artinya:
Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu dzuhur empat rakaat dengan menghadap kiblat serta qadha karena Allah Ta'ala.

Cara Mengqadha Shalat Dhuhur di Waktu Ashar

Nah, sekarang kita sudah memahami apa itu qadha shalat dan syarat-syaratnya. Selanjutnya, kita akan membahas tata cara mengqadha shalat dhuhur diwaktu ashar.
  1. Waktu yang tepat untuk mengqadha shalat Kita bisa mengqadha shalat dhuhur diwaktu ashar setelah masuk waktu ashar dan sebelum masuk waktu maghrib. Jadi, kita masih memiliki cukup waktu untuk mengqadha shalat setelah waktu dhuhur berakhir.
  2. Tata Cara Mengqadha Shalat Berikut ini adalah tata cara mengqadha shalat dhuhur diwaktu ashar:
a. Niat
Sebelum melaksanakan qadha shalat, kita harus berniat terlebih dahulu. Niat ini tentunya harus benar-benar dilakukan dengan tulus serta ikhlas.

b. Takbir
Setelah berniat, kita harus melakukan takbir. Takbir ini dilakukan untuk memulai shalat.

c. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pendek
Selanjutnya, kita membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek pada setiap rakaatnya. Kita dapat membaca surat yang kita hafal.

d. Rukuk dan I'tidal
Setelah membaca surat, kita melakukan rukuk dan i'tidal seperti dalam shalat biasa. Kita harus menegakkan tulang belakang dan meluruskan kedua tangan serta melafalkan doa rukuk dan i'tidal dengan khusyuk.

e. Sujud
Setelah rukuk dan i'tidal, kita melakukan sujud. Sujud dilakukan dengan meletakkan dahi, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di atas lantai. Kita harus membaca doa sujud dengan khusyuk.

f. Duduk di antara dua sujud
Setelah sujud, kita duduk di antara dua sujud. Kita bisa membaca doa duduk di antara dua sujud.

g. Tahiyat Akhir
Setelah melakukan empat rakaat shalat, kita melakukan tahiyat akhir. Tahiyat akhir ini dilakukan dengan duduk di bawah posisi tangan kiri di atas lutut dan tangan kanan di atas tangan kiri, serta membaca doa tahiyat akhir.

h. Salam
Setelah selesai melakukan tahiyat akhir, kita memberikan salam ke kanan dan kiri dengan membaca "Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh".

Jumlah Rakaat dan Doa yang Dianjurkan

Jumlah rakaat qadha shalat dhuhur diwaktu ashar sama dengan shalat dhuhur yang terlewat. Jadi, jika kita melewatkan empat rakaat shalat dhuhur, maka kita harus melakukan empat rakaat qadha shalat dhuhur diwaktu ashar. Adapun doa yang dianjurkan adalah doa setelah salam.

Mengqadha shalat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang melewatkan waktu shalat yang seharusnya. Untuk mengqadha shalat dhuhur diwaktu ashar, kita harus mengetahui waktu yang tepat, memenuhi syarat-syarat qadha shalat, serta melakukan tata cara yang benar. Dengan mengqadha shalat, kita dapat memperbaiki diri dan memenuhi kewajiban kita sebagai muslim. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sahabat SchoolPress. Terima kasih.