Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bekas Luka

bekas-luka
pixabay.com



Bekas Luka – Munculnya luka di permukaan kulit tentunya tidak membuat nyaman, karena luka pada kulit menimbulkan rasa sakit, dan juga perih. Penderitaan yang terjadi tidak hanya sampai pada saat adanya luka pada kulit saja, tetapi ketika luka membaik dan sembuh pun bisa akan ada sisa atau bekas luka yang membuat tidak nyaman. 

Bekas luka ini disebabkan oleh masalah pada kulit yang kurang dijaga dengan baik, sehingga ada lapisan kulit yang rusak. Luka di kulit bisa sembuh dengan sendirinya karena pada dasarnya tubuh bisa menyembuhkan suatu penyakit dengan cepat tetapi setelah luka kering dan sembuh akan ada bekas yang muncul, baik bekas yang hanya menghitam atau yang lebih parah bekas yang menonjol. 

Kedua jenis bekas yang bias terjadi tidak membuat nyaman, karena akan membuat penampilan kulit tidak sempurna karena kemunculan bekas luka. Bekas luka bisa sulit dihilangkan apabila terlalu lama di diamkan, untuk itu jika ada bekas luka sebaiknya di hilangkan dengan cepat.

Penyebab adanya bekas luka pada kulit tentunya dikarenakan oleh luka sebelumnya. kulit yang rusak bisa menyebabkan bekas luka setelahnya, semakin banyak lapisan kulit yang rusak maka akan semakin parah juga luka yang ada pada kulit dan begitu pun setelahnya akan ada bekas luka yang cukup parah juga. 

Benda panas bisa meninggalkan bekas luka yang sedang sampai yang parah, karena kulit yang terkena benda panas biasanya akan melepuh dan menjadi luka setelahnya. Benda panas seperti alat sterika dan alat dapur bisa menyebabkan beka luka apabila kulit terkena benda tersebut. Begitu pun ketika terkena air panas dan juga minyak panas.

Luka yang disebabkan panas paling serius ialah luka bakar, karena disebabkan oleh kulit yang terbakar oleh api akibat kecelakaan atau hal lainnya akan menyebabkan bekas luka. luka bakar menimbulkan luka yang parah, karena lapisan kulit yang terbakar. 

Karena tidak hanya satu lapisan kulit saja yang terbakar dan rusak tetapi juga bisa beberapa kulit sehingga luka yang parah akan dialami. kondisi ini menyebabkan luka yang parah dan lama sembuhnya, dan pada saat sudah sembuh pun akan ada bekas luka. Bekas luka terbakar bisa menonjol atau pun tidak, biasanya juga akan menimbulkan bekas flek hitam yang besar dan banyak di permukaan kulit.

Menghilangkan Bekas Luka

Alergi kulit karena makanan, cuaca, atau pun obat bisa menyebabkan luka pada kulit juga. karena pada saat alergi kambuh biasanya juga akan menyebabkan gatal gatal parah sehingga ketika di garuk menggunakan tangan yang memiliki kuku akan menimbulkan luka gores, terlebih jika memiliki kuku yang panjang. 

Alergi yang lebih parah lagi akan menyebabkan luka yang parah karena memicu eksim kulit. jadi setelah luka karena eksim kulit yang kering atau pun eksim yang basah membaik juga akan meninggalkan luka oleh sebab itu bekas luka. Bekas luka karena alergi biasanya tidak terlalu parah,dan tidak menonjol tetapi tetap saja akan mengganggu penampilan kulit.

Luka yang ada pada kulit akan menimbulkan sakit selama luka tersebut masih basah atau belum sembuh, sehingga tidak nyaman, begitu pun setelahnya, meskipun tidak lagi sakit tetapi menyebabkan bekas luka yang tertinggal. 

Keadaan ini sebaiknya diatasi dengan cepat agar tidak semakin sulit untuk di hilangkan. cara menghilangkan bekas luka secara alami ada banyak, dan bisa dicoba untuk mengembalikan kondisi kulit kembali normal dan mulus. 

Cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan bahan bahan alami jauh lebih aman dan bisa digunakan oleh siapa pun. 

Dibawah ini cara menghilangkan bekas luka :

Menggunakan madu

Cara menghilangkan bekas luka pertama dengan menggunakan madu. Madu bisa membantu menghilangkan bekas luka karena salah satu manfaat madu bisa menghaluskan atau pun mencerahkan kulit. madu bisa dicoba untuk di oleskan ke seluruh permukaan kulit yang ada bekas lukanya setiap hari, ketika malam hari akan lebih baik dilakukan sehingga penyerapan dan proses regenerasi kulit berjalan baik.

Vitamin E

Cara menghilangkan bekas luka yang kedua ialah dengan menggunakan vitamin e. Vitamin e memang banyak sekali manfaatnya untuk tubuh terutama pada kulit. lidah buaya, dan minyak zaitun dua bahan alami yang mengandung vitamin e yang banyak dan bagus untuk kulit. cara menggunakannya pun cukup di oleskan saja ke permukaan bekas luka di kulit sehingga kondisi kulit kembali normal, dan putih jadi kulit terlihat sehat dan indah.

Vitamin C

Cara menghilangkan bekas luka selain dengan vitamin e, juga bagus dengan menggunakan vitamin c. vitamin c akan membantu menghilangkan bekas luka khususnya bekas yang menyebabkan kulit menghitam. Jeruk lemon atau pun jeruk nipis bisa digunakan, karena dua bahan alami tersebut mengandung vitamin c yang cukup tinggi.

Minyak Alami

Cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan minyak pangkal bunga mawar atau minyak almond. Jika bekas luka di oleskan terus menggunakan minyak alami ini pun secara perlahan lahan bisa menghilang dengan cepat. jadi sebaiknya digunakan secara teratur.