Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Bekas Luka Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka Alami
pixabay.com


Cara Menghilangkan Bekas Luka Alami – Bekas luka di kulit kerap kali menjadi masalah yang menjadi persoalan banyak orang. Karena jika bekas luka ada di kulit maka akan mengganggu penampilan atau pun tidak nyaman. Bekas luka bisa terjadi hanya pada jika kulit terluka, karena luka pada kulit akan menyebabkan permukaan kulit atau pun jaringan pada kulit rusak. 

Rusak nya kulit biasa nya akan menyebabkan kulit robek dan menjadi luka yang terbuka. Proses sembuh nya luka akan terjadi secara alami sehingga luka terbuka pada kulit bisa sembuh dengan menutup secara alami. Menutup nya luka akan meninggalkan bekas pada kulit. Dan bekas luka tersebut yang menjadi permasalahan banyak orang.

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Penyebab Bekas Luka

Ada berbagai jenis luka yang ada di kulit yang juga akan meninggalkan bekas luka yang berbeda beda. Untuk itu berikut jenis luka yang bisa dialami oleh setiap orang.

Bekas luka bakar

Penyebab bekas luka yang dapat terjadi pada kulit salah satu nya akibat dari luka bakar. Luka bakat dapat dialami ketika memasak atau pun terkena api. Kulit yang terkena luka bakar cukup parah dan menyebabkan kulit terluka parah sehingga proses penyembuhan nya cukup lama. Setelah proses penyembuhan luka yang parah juga masih akan berlanjut dengan meninggalkan bekas luka yang parah juga.

Bekas luka operasi

Bekas luka yang selanjut nya bisa terjadi pada saat melakukan pembedahan kulit pada saat operasi. Operasi pembedahan akan di lakukan dengan melakukan sayatan pada kulit untuk menyembuhkan penyakit. 

Baik operasi kecil atau operasi besar akan meninggalkan bekas luka. Bekas luka akibat operasi biasa nya di lakukan pada leher untuk menyembuhkan kelenjar getah bening, di kulit perut untuk operasi melahirkan anak yang sekarang banyak di lakukan oleh wanita yang tidak dapat melahirkan secara normal, di perut juga bisa ada bekas luka operasi jika melakukan operasi usus buntu atau pun penyakit hernia. 

Pada kaki juga bisa ada bekas luka, namun bukan luka yang sebenar nya karena terjadi akibat varises yang juga kan membuat bekas luka timbul pada kulit kaki yang akan sangat mudah untuk terlihat.

Bekas luka penyakit

Tubuh yang setelah sembuh dari penyakit pun bisa meninggalkan bekas luka. Seperti hal nya bekas luka di tangan atau pun di seluruh tubuh akibat penyakit kulit seperti hal nya pada saat sedang sakit cacar air, penyakit herpes, penyakit campak atau pun penyakit lain nya. Sehingga permukaan kulit dapat ditumbuhi oleh luka.

Bekas luka jerawat

Bekas luka jerawat juga paling banyak yang menjadi masalah pria maupun wanita. Bekas luka akibat jerawat pun ada yang parah dan juga ringan. Bekas luka akibat jerawat yang parah biasa nya dari jenis jerawat batu. karena jerawat batu memiliki ukuran yang besar dan bisa merusak jaringan kulit.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Alami

Bekas luka yang tidak cepat di hilangkan akan meninggalkan bekas luka yang sulit untuk di hilangkan. Karena bekas luka yang terlalu lama telah menyatu dengan jaringan pada kulit. Bekas luka bisa menebal dan hitam pada kulit yang ada bekas luka nya. Sehingga jika melakukan perawatan untuk penyembuhan luka sebaik nya tidak di hentikan setelah luka sembuh. 

Karena kebanyakan orang akan menghentikan pengobatan setelah luka sembuh dan tidak memikirkan bekas luka yang tertinggal, karena bekas luka pada tahap awal hanya sedikit dan kecil namun bisa berubah menjadi besar lama kelamaan. Cara menghilangkan bekas luka alami dapat di lakukan untuk mengatasi bekas luka. 

Cara menghilangkan bekas luka alami maka dapat mencoba bahan-bahan yang ada di bawah ini :

Lidah buaya

Cara menghilangkan bekas luka alami dengan bahan dari tumbuhan yang aman untuk di gunakan yaitu menggunakan bahan dasar lidah buaya. Karena lidah buaya bisa menghilangkan bekas luka dan mengembalikan kulit seperti semula dengan memberikan nutrisi yang di miliki oleh lidah buaya. Lidah buaya akan menghaluskan kulit yang terdapat bekas jerawat jika di oleskan dengan rutin. Karena lidah buaya akan menghilangkan bekas luka dengan cepat.

Minyak zaitun

Cara menghilangkan bekas luka dapat di bantu oleh kandungan vitamin e. Kandungan vitamin e untuk menghilangkan bekas luka bisa di dapatkan dari minyak zaitun. Sehingga minyak zaitun dapat di gunakan untuk menghilangkan bekas luka. Oleskan kulit dengan menggunakan minyak zaitun pada malam setiap hari nya maka akan menghilangkan bekas luka secara perlahan lahan.

Daun mint

Daun mint merupakan salah satu bahan alami yang dapat di gunakan untuk melakukan cara menhilangkan bekas luka alami. Cara menghilangkan bekas luka alami maka bisa mengolah daun mint yang di haluskan dengan di tumbuk dan dicampurkan dengan minyak kelapa atau pun minyak zaitun untuk mengoleskan pada kulit yang terdapat bekas luka.

Kunyit

Kunyit juga memiliki kandungan untuk di gunakan pada kulit yang terdapat bekas luka. Jika ingin melakukan cara menghilangkan bekas luka alami. Karena kunyit akan mengembalikan warna kulit dan juga akan menghilangkan bekas luka.