Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

menghilangkan-bau-badan-tidak-sedap
pixabay.com


Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap – Aroma yang tercium tidak sedap pastinya tidak menyenangkan, terlebih jika aroma tidak sedap tersebut berasal dari badan sendiri. Bau badan tidak sedap yang tercium tidak sedap menimbulkan penurunan kepercayaan diri. Bau badan tidak sedap bisa berasal dari ketiak, terlebih di saat kondisi tubuh yang berkeringat. 

Bau badan yang tidak sedap ini bisa dialami oleh siapa pun, baik pada wanita atau pun pada pria namun pria lebih berpotensi mengalaminya. Bau badan tidak sedap akan dialami di saat kondisi tertentu saja atau memang badan mengeluarkan bau badan yang tidak sedap terus menerus.

Untuk itu ada baiknya apabila mencari tau penyebab badan, sehingga bisa melakukan cara menghilangkan bau badan tidak sedap. Sebab bau badan tidak sedap bukan diri sendiri saja yang dapat menciumnya, tetapi orang lain yang berada di dekatnya pun juga bisa mengalami bau badan tidak sedap. Karena itu kondisi ini sebaiknya diatasi dengan baik agar tidak mengganggu banyak orang.

Penyebab bau badan setiap orang bisa dikarenakan banyak hal, sebab ada banyak faktor yang bisa menyebabkan bau badan tidak sedap. Siapa pun memang bisa mengalami bau badan tidak sedap, tetapi potensinya lebih besar pada pria sebab ada aktivitas yang lebih berat dilakukan oleh pada pria atau laki laki sehingga berpotensi menyebabkan bau badan tidak sedap. 

Dari usia remaja atau ketika sudah memasuki masa pubertas biasanya bau badan tidak sedap sudah bisa dialami, karena anak anak biasanya tidak memiliki bau badan tidak sedap. Sebab di saat sudah remaja, hormon di dalam tubuhnya sudah aktif berkembang sehingga produksi keringat bisa lebih banyak.

Yang juga dapat meningkatkan risiko bau badan tidak sedap ialah dari makanan yang di konsumsi. Aroma keringat yang dikeluarkan bisa berasal dari makanan yang di konsumsi, karena itu perlu hati hati dalam pemilihan makanan. Jenis makanan yang menyebabkan bau badan tidak sedap bisa berasal dari makanan yang memang memiliki aroma kuat seperti kari. 

Kari yang di baut dari banyak rempah, sehingga rasa dan aromanya sangat kuat sehingga kari bisa menyebabkan bau badan tidak sedap juga. Ada bawang, sering sekali bawang di kaitkan dengan bau badan, karena memang bawang memiliki aroma cukup kuat dan ketika dimakan berlebihan pun menyebabkan bau badan.

Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

Mengkonsumsi makanan yang memiliki aroma cukup kuat dapat menyebabkan bau badan tidak sedap, karena makanan tersebut di konsumsi secara berlebihan. Untuk itu seseorang yang memiliki bobot tubuh berlebihan atau mengalami obesitas lebih berpotensi untuk memiliki bau badan tidak sedap. Bau badan tidak sedap bisa dikarenakan oleh efek samping dari menggunakan obat obatan juga. 

Menggunakan obat kimia jangka panjang, bisa memberikan efek samping berbagai macam, yang salah satunya ialah bau badan tidak sedap. Meskipun tidak semua jenis obat bisa memberikan efek samping bau badan, tetapi lebih baik berhati hati menggunakan obat agar tidak menimbulkan dampak buruk.

Bau badan juga bisa bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan seperti masalah pada ginjal. Gangguan kesehatan pada ginjal seperti gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal menyebabkan bau badan tidak sedap, sebab racun di dalam tubuh atau kotoran tidak terolah dengan baik, karena ginjal tidak berfungsi dengan baik. 

Bukan hanya karena gagal ginjal, tetapi bisa dikarenakan penyakit diabetes juga. Karena di saat menderita penyakit diabetes daya tahan tubuh lebih rendah jadi bisa memicu infeksi lebih mudah pada ketiak sehingga menyebabkan bau badan tidak sedap. Tetapi masih ada cara menghilangkan bau badan tidak sedap yang bisa dilakukan. Seperti dibawah ini cara menghilangkan bau badan tidak sedap :

Mandi teratur, cara menghilangkan bau badan tidak sedap dengan menjaga kebersihan tubuh. Jaga kebersihan tubuh dengan mandi secara teratur. Banyak yang malas mandi, khususnya pada hari libur, sehingga bau badan tidak sedap akan tercium sebab kotoran dan juga keringat bercampur jadi satu, dan berpotensi di infeksi sehingga menyebabkan bau badan tidak sedap. Karena itu mandi minimal dilakukan dua kali dalam satu satu hari.

Menggunakan sabun antiseptik, cara menghilangkan bau badan tidak sedap tidak hanya mandi, tetapi mandi yang bersih pun harus dilakukan juga. Gosok seluruh badan, dan gunakan sabun yang bisa membunuh bakteri jahat seperti sabun antiseptik sehingga tidak di infeksi yang bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Menjaga kelembaban, cara menghilangkan bau badan tidak sedap juga bisa dengan menjaga kelembaban tubuh. Menjaga kelembaban kulit dengan menyeka keringat dengan menggunakan handuk. Jadi bawa kemana pun sapu tangan dari handuk kecil sehingga ketika berkeringat bisa segera di seka. 

Cara menghilangkan bau badan tidak sedap juga bisa dengan menggunakan pakaian yang menyerap keringat dengan baik dan yang mudah kering.

Kontrol asupan makanan, cara menghilangkan bau badan tidak sedap menjaga asupan makanan yang punya aroma kuat. Den bisa juga dengan menjaga berat badan sehingga tidak ada aroma tidak sedap yang di keluarkan oleh badan.